Senin, 24 Juli 2017

Ini dia Soal Psikotes untuk yang kerja di bidang Akuntansi Keuangan, dan Administrasi Perdagangan (ADKUDAG)

Ini dia Soal Psikotes untuk yang kerja di bidang Akuntansi Keuangan, dan Administrasi Perdagangan

Psikotes ADKUDAG
 singkatan dari Administrasi Keuangan dan Perdagangan merupakan psikotes bakat yang dirancang untuk inteligensi tingkat pendidikan minimal SMA karena dibuat untuk perekrutan karyawan di Dept. Keuangan dan Dept. Perdagangan. 


Biasanya Psikotes ADKUDAG ini sering kali dipakai instansi pemerintah, BUMN, Bank, dan lembaga Keuangan lainnya untuk yang melamar posisi penting bidang Keuangan dan Perdagangan.

Psikotes ini terdiri dari 5 Lima bagian dan dikeluarkan oleh UI

Deskripsi Tes:
Psikotes Adkudag I

Mengukur tentang- Kemampuan bahasa 
- kemampuan mengambil keputusan
- kemampuan berpikir fleksibel
- ketelitian
- konsentrasi
- daya tahan
- kemampuan menyesuaikan diri
ADKUDAG I
Pada tes ini terdapat 150 pasang kata (tunjukkan/balik lembar per lembar dan beritahu pada testee mana ke-150 pasang kata tersebut). Tugas Anda adalah mencari mana dari ke-150 pasang kata ini yang memiliki persamaan ataupun perbedaan. Bila terdapat persamaan antara satu kata dengan pasangannya, beri tanda O dan tulis di sini (tunjukkan di mana harus ditulis jawabannya). Tapi bila terdapat perbedaan antara satu kata dengan pasangannya, beri tanda X.  

Psikotes Adkudag II dan III- Kemampuan berhitung

- Konsentrasi
- Ketelitian
- daya tahan
- kemampuan analisa sintesa

ADKUDAG II (50 Soal)
Pada tes ini terdapat soal hitungan sederhana. Ada soal penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Tugas Saudara kali ini adalah menghitung dan mencari jawabannya. Beri tanda silang pada jawaban yang benar, seperti ini (tunjukkan dan beri tahu bagaimana harus memperbaiki kesalahan serta tempat menghitung). 

ADKUDAG III (25 Soal)
Pada tes ini terdapat soal hitungan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Tugas Saudara kali ini pun adalah menghitung. 

Psikotes Adkudag IV (40 soal Klasifikasi)
- Memiliki keluasan pengetahuan
- kemampuan analisa
- judgement
- logika berpikir

ADKUDAG IV

Pada tes ini terdapat 40 uraian anggaran (tunjukkan mana ke-40 soal tersebut). Pada bagian ini (bagian atas) terdapat delapan kelompok anggaran, a, b, c, d, e, f, g, dan h. Tugas saudara adalah mengelompokkan ke-40 uraian tersebut ke dalam delapan kelompok anggaran. Jawaban Saudara diletakkan di sini (tunjukkan) dalam bentuk hurufnya saja dengan jelas (arti jelas di sini misalnya penulisan huruf a dan d harus dibedakan agar tidak keliru membacanya). 

ADKUDAG V

Pada tes ini terdapat 40 soal dengan pilihan jawaban. Tugas Anda adalah memilih salah satu pilihan jawaban yang paling tepat. Apakah ada pertanyaan?... Mari kita mulai!

Hasil jawaban dari tiap-tiap subtes dinilai dan dijumlahkan masing-masing. Skor mentah tersebut kemudian dikonversi menjadi skor standar dengan menggunakan norma tes Adkudag. Dengan demikian, kita dapat melihat gambaran kemampuan dari masing-masing aspek yang diukur pada diri testee.


Bacaan Lain
Soal dan Kunci Jawaban Psikotes UI-IST
Soal dan Kunci Jawaban Psikotes BLIT
Cara Menghadapi Psikotes
Psikotes untuk Masuk BUMN dan PNS
Soal Psikotes Bank BRI, MANDIRI, BNI, BTN
Kunci Jawaban Tes Kemampuan Verbal
Rahasia dibalik tes Menggambar Pohon, Orang dan Wartegg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar