Selasa, 21 Maret 2017

Strategi, Pembahasan soal dan Penjelasan Psikotes PAPI Kostick (Tes Psikologi Kepribadian)

Strategi, Pembahasan soal dan Penjelasan Psikotes PAPI Kostick (Tes Psikologi Kepribadian)

Artikel ini lanjutan dari "Memahami Psikotes PAPI KOSTICK"

PAPI Kostick merupakan laporan inventori tes psikologi kepribadian (self report inventory), terdiri dari 90 pasangan pernyataan pendek berhubungan dalam situasi kerja, yang menyangkut 20 aspek kepribadian yang dikelompokkan dalam 7 bidang, yaitu : kepemimpinan (leadership), arah kerja (work direction), aktivitas kerja (work activity), relasi sosial (social nature), gaya bekerja (work style), sifat temperamen (temperament), dan posisi atasan-bawahan (followership). Tes Papi Kostick saat ini sering digunakan dalam lingkup HRD di suatu perusahaan/organisasi. Tes ini merupakan salah satu tes kepribadian yang tercermin dalam tingkah laku yang didasarkan pada kategorisasi. PAPI Kostick mengukur role dan need individu dalam kaitannya dengan situasi kerja. Dengan mempelajari PAPI Kostick, maka kita akan banyak memeroleh informasi mengenai profil individu, baik dari segi tipologi kepribadiannya maupun dalam konteks pekerjaannya.




Tes PAPI Kostick dibuat oleh Dr. Max Martin Kostick, pada awal tahun 1960-an. PAPI Kostick mengukur dinamika kepribadian (psychodynamics) dengan memerhatikan keterkaitan dunia sekitarnya (environment) termasuk perilaku dan nilai perusahaan (values) yang diterapkan dalam suatu perusahaan/situasi kerja dalam bentuk motif (need) dan standar gaya perilaku menurut persepsi kandidat (role) yang terekam saat psikotes.


Norma Alat Tes PAPI Kostick 

1. L = Peran – Pemimpin (Leadership Role)

  • Skor 5-9 : yaitu tingkat dimana seseorang memproyeksikan dirinya sebagai pemimpin suatu tingkat dimana ia mencoba menggunakan orang lain untuk mencapai tujuannya.
  • Skor 4-0 : cendurung tidak secara aktif menggunakan orang lain dalam bekerja.

2. P = Kebutuhan – Mengatur Orang Lain (Need to Control Others)

  • Skor 5-9 : tingkat kebutuhan untuk menerima tanggung jawab orang lain, menjadi orang yang bertanggung jawab.
  • Skor 4-0 : menurunnya keinginan untuk bertanggung jawab pada pekerjaan dan tindakan orang lain.

3. I = Peran – Membuat Keputusan (Ease in Decision Making)

  • Skor 0-2 : ragu – menolak mengambil keputusan
  • Skor 3-4 : berhati-hati membuat keputusan
  • Skor 5-7 : berhati-hati – lancar dan mudah mengambil keputusan
  • Skor 8-9 : tidak ragu dalam mengambil keputusan

4. F = Kebutuhan – Membantu Atasan (Need to Support Authority)

  • Skor 6-9 : bersikap setia dan membantu, kemungkinan bantuannya bersifat politis
  • Skor 4-5 : setia terhadap perusahaan
  • Skor 2-3 : mengurus kepentingan sendiri
  • Skor < 2 : cenderung egois, kemungkinan dapat memberontak

5. W = Kebutuhan Mengikuti Aturan dan Pengawasan (Need for Rules and Supervision)

  • Skor < 4 : berorientasi pada tujuan, mandiri
  • Skor 4-5 : kebutuhan akan pengarahan dan harapan yang dirumuskan untuknya
  • Skor 6-9 : meningkatnya orientasi terhadap tugas dan membutuhkan instruksi yang jelas

6. T = Peran Sibuk (Pace)

  • Skor < 4 : melakukan segala sesuatu menurut kemauannya sendiri
  • Skor 4-6 : tergolong aktif secara internal dan mental

7. V = Peran Penuh Semangat (Vigorous Type)

  • Skor < 5 : cenderung pasif
  • Skor 5-7 : aktif secara fisik, cenderung sportif

8. R = Peran Orang yang Teoretis (Theoretical Type)

  • Skor 0-4 : kurang perhatian, bersifat praktis
  • Skor 5-9 : nilai-nilai penalaran tergolong tinggi

9. D = Peran Bekerja dengan Hal-hal yang Rinci (Interest in Working With Details)

  • Skor 0-3 : menyadari kebutuhan akan kecermatan, tetapi tidak berminat bekerja detail
  • Skor 4-9 : minat tinggi untuk bekerja secara detail

10. C = Peran Mengatur (Organized Type)

  • Skor 0-2 : fleksibel – tidak teratur
  • Skor 3-5 : teratur, tetapi tidak tergolong fleksibel
  • Skor 6-9 : keteraturan tinggi cenderung kaku

11. X = Kebutuhan untuk diperhatikan (Need to be Noticed)

  • Skor < 2 : cenderung pemalu
  • Skor 2-3 : rendah hati, tulus
  • Skor 4-5 : memiliki pola perilaku yang unik
  • Skor 6-9 : membutuhkan perhatian nyata

12. B = Kebutuhan untuk diterima dalam kelompok (Need to Belong to Groups)

  • Skor 0-3 : selektif
  • Skor 4-5 : ingin diterima, tetapi tidak mudah dipengaruhi kelompok
  • Skor 6-9 : ingin disukai dan diakui, mudah dipengaruhi

13. O = Kebutuhan Kedekatan dan Kasih Sayang (Need for Closeness and Affection)

  • Skor < 3: tidak suka hubungan perorangan
  • Skor 3-4 : sadar akan hubungan perorangan, tetapi tidak terlalu bergantung
  • Skor 5-9 : sangat tergantung, butuh penerimaan diri

14. S = Peran Hubungan Sosial (Social Extension)

  • Skor < 6 : perhatian rendah terhadap hubungan sosial, kurang percaya pada orang lain
  • Skor 6-9 : kepercayaan tinggi dalam hubungan sosial, senang berinteraksi sosial

15. N = Kebutuhan Menyelesaikan Tugas Secara Mandiri (Need to Finish Task)

  • Skor < 3 : menunda atau menghindari pekerjaan
  • Skor 3-4 : berhati-hati atau ragu dalam bekerja
  • Skor 4-6 : cukup bertanggungjawab pada pekerjaan
  • Skor 6-9 : tekun, tanggung jawab tinggi

16. A = Kebutuhan Berprestasi (Need to Achieve)

  • Skor 0-5 : ketidakpastian tujuan, kepuasan dalam suatu pekerjaan, tidak ada usaha lebih
  • Skor 6-9 : tujuan jelas, kubutuhan sukses dan ambisi tinggi

17. G = Peran Pekerja Keras (Hard Intense Worked)

  • Skor 3-4 : bekerja untuk kesenangan saja, bukan untuk hasil optimal
  • Skor 4-7 : kemauan bekerja keras yang tinggi

18. Z = Kebutuhan untuk Berubah (Need for Change)

  • Skor 0-2 : tidak suka berubah
  • Skor 3-4 : tidak suka perubahan jika dipaksakan
  • Skor 5-6 : mudah menyesuaikan diri
  • Skor 6-7 : membuat perubahan yang selektif, berpikir jauh kedepan
  • Skor 8-9 : mudah gelisah, frustasi, karena segala sesuatu tidak berjalan fantastis

19. K = Kebutuhan untuk Agresif (Need to be Forceful)

  • Skor 0-2 : menghindari masalah, menolak untuk mengenali situasi sebagai masalah
  • Skor 3-4 : suka lingkungan tenang, menghindari konflik
  • Skor 5 : keras kepala
  • Skor 6-7 : agresi berhubungan dengan pekerjaan, dorongan semangat bersaing
  • Skor 8-9 : agresif, cenderung defensif

20. E = Peran Pengendalian Emosi (Emotional Resistant)

  • Skor < 2 : terbuka, cepat bereaksi, tidak normatif
  • Skor 2-3 : terbuka
  • Skor 4-6 : punya pendekatan emosional seimbang, mampu mengendalikan
  • Skor > 6 : sangat normatif, kebutuhan pengendalian diri yang berlebihan

Untuk Mengerjakan PSIKOTES PAPI KOSTICK ini admin akan berbagi beberapa soal yang muncul ketika tes dan strategy yang dianjurkan untuk menjawabnya.


Soal-soal yang diberikan 

  1. Saya seorang pekerja keras
  2. Saya bukan seorang pemurung
  3. Saya suka bekerja lebih baik dari orang lain
  4. Saya suka mengerjakan apa yang sedang saya kerjakan, sampai selesai
  5. Saya suka menunjukkan caranya melaksanakan sesuatu hal
  6. Saya ingin bekerja sebaik mungkin
  7. Saya suka berkelakar
  8. Saya senang mengatakan kepada orang lain, apa yang harus dilakukannya
  9. Saya suka menggabungkan diri dengan kelompok-kelompok
  10. Saya suka diperhatikan oleh kelompok-kelompok
  11. Saya senang bersahabat intim dengan seseorang
  12. Saya senang bersahabat dengan sekelompok orang
  13. Saya cepat berubah bila hal itu diperlukan
  14. Saya berusaha untuk intim dengan teman-teman
  15. Saya suka membalas dendam bila saya benar-benar disakiti
  16. Saya suka melakukan hal-hal yang baru dan berbeda
  17. Saya ingin atasan saya menyukai saya
  18. Saya suka mengatakan kepada orang lain, bila mereka salah
  19. Saya suka mengikuti perintah-perintah yang diberikan kepada saya
  20. Saya suka menyenangkan hati orang yang memimpin saya
  21. Saya mencoba sekuat tenaga
  22. Saya seorang yang tertib.
  23. Saya membuat orang lain melakukan apa yang saya inginkan
  24. Saya bukan seorang yang cepat gusar
  25. Saya suka mengatakan kepada kelompok, apa yang harus dilakukan
  26. Saya menekuni satu pekerjaan sampai selesai
  27. Saya ingin tampak bersemangat dan menarik
  28. Saya ingin menjadi sangat sukses
  29. Saya suka menyelaraskan diri dengan kelompok
  30. Saya suka membantu orang lain menentukan pendapatnya
  31. Saya cemas kalau orang lain tidak menyukai saya
  32. Saya senang kalau orang-orang memperhatikan saya
  33. Saya suka mencoba sesuatu yang baru
  34. Saya lebih suka bekerja bersama orang-orang daripada bekerja sendiri
  35. Kadang-kadang saya menyalahkan orang lain bila tejadi sesuatu kesalahan
  36. Saya cemas bila seseorang tidak menyukai saya
  37. Saya suka menyenangkan hati orang yang memimpin saya
  38. Saya suka mencoba pekerjaan-pekerjaan yang baru dan berbeda
  39. Saya menyukai petunjuk yang terinci untuk melakukan sesuatu pekerjaan
  40. Saya suka mengatakan kepada orang lain bila mengganggu saya
  41. Saya selalu mencoba sekuat tenaga
  42. Saya senang bekerja dengan sangat cermat dan hati-hati
  43. Saya adalah seorang pemimpin yang baik
  44. Saya mengorganisir tugas-tugas secara baik
  45. Saya mudah menjadi gusar
  46. Saya seorang yang lambat dalam membuat keputusan
  47. Saya senang mengerjakan beberapa pekerjaan pada waktu yang bersamaan
  48. Bila di dalam kelompok, saya lebih suka diam
  49. Saya senang bila diundang
  50. Saya ingin melakukan sesuatu lebih baik dari orang lain
  51. Saya suka berteman intim dengan teman-teman saya
  52. Saya suka memberi nasihat kepada orang lain
  53. Saya suka melakukan hal-hal yang baru dan berbeda
  54. Saya suka menceritakan keberhasilan saya dalam mengerjakan tugas
  55. Bila saya benar, saya suka mempertahankannya mati-matian
  56. Saya suka bergabung ke dalam suatu kelompok
  57. Saya tidak mau berbeda dengan orang lain
  58. Saya berusaha untuk sangat intim dengan orang-orang
  59. Saya suka diajari mengenai caranya mengerjakan suatu pekerjaan
  60. Saya mudah merasa jemu (bosan)
  61. Saya bekerja keras
  62. Saya banyak berpikir dan berencana
  63. Saya memimpin kelompok
  64. Hal-hal yang kecil (detail) menarik hati saya
  65. Saya cepat dan mudah mengambil keputusan
  66. Saya melakukan segala sesuatu secara rapih dan teratur
  67. Tugas-tugas saya kerjakan secara cepat
  68. Saya jarang marah atau sedih
  69. Saya ingin menjadi bagian dari kelompok
  70. Pada suatu waktu tertentu, saya hanya ingin mengerjakan satu tugas saja
  71. Saya berusaha untuk intim dengan teman-teman saya
  72. Saya berusaha keras untuk menjadi yang terbaik
  73. Saya menyukai mode baju baru dan tipe-tipe mobil baru
  74. Saya ingin menjadi penanggung jawab bagi orang-orang lain
  75. Saya suka berdebat
  76. Saya ingin diperhatikan
  77. Saya suka menyenangkan hati orang yang memimpin saya
  78. Saya tertarik menjadi anggota dari suatu kelompok
  79. Saya senang mengikuti aturan secara tertib
  80. Saya suka orang-orang mengenal saya benar-benar
  81. Saya mencoba sekuat tenaga
  82. Saya sangat menyenangkan
  83. Orang lain beranggapan bahwa saya adalah seorang pemimpin yang baik
  84. Saya berpikir jauh ke depan dan terinci
  85. Seringkali saya memanfaatkan peluang
  86. Saya senang memperhatikan hal-hal sampai sekecil-kecilnya
  87. Orang lain menganggap saya bekerja cepat
  88. Orang lain menganggap saya dapat melakukan penataan yang rapi dan teratur
  89. Saya menyukai permainan-permainan dan olahraga
  90. Saya sangat menyenangkan
  91. Saya senang bila orang-orang dapat intim dan bersahabat
  92. Saya selalu berusaha menyelesaikan apa yang telah saya mulai
  93. Saya suka bereksperimen dan mencoba sesuatu yang baru
  94. Saya suka mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sulit dengan baik
  95. Saya senang diperlakukan secara adil
  96. Saya senang mengajari orang lain bagaimana caranya mengerjakan sesuatu
  97. Saya suka mengerjakan apa yang diharapkan dari saya
  98. Saya suka menarik perhatian
  99. Saya suka petunjuk-petunjuk terinci dalam melakukan sesuatu pekerjaan
  100. Saya senang berada bersama dengan orang-orang lain
  101. Saya selalu berusaha mengerjakan tugas secara sempurna
  102. Orang lain menganggap, saya tidak mengenal lelah, dalam kerja sehari-hari
  103. Saya tergolong tipe pemimpin
  104. Saya mudah berteman
  105. Saya memanfaatkan peluang-peluang
  106. Saya banyak berfikir
  107. Saya bekerja dengan kecepatan yang mantap dan cepat
  108. Saya senang mengerjakan hal-hal yang detail
  109. Saya memliki banyak energi untuk permainan-permainan dan olahraga
  110. Saya menempatkan segala sesuatunya secara rapih dan teratur
  111. Saya bergaul baik dengan semua orang
  112. Saya pandai mengendalikan diri
  113. Saya ingin berkenalan dengan orang-orang baru dan mengerjakan hal baru
  114. Saya selalu ingin menyelesaikan pekerjaan yang sudah saya mulai
  115. Biasanya saya bersikeras mengenai apa yang saya yakini
  116. Biasanya saya suka bekerja keras
  117. Saya menyukai saran-saran dari orang-orang yang saya kagumi
  118. Saya senang mengatur orang lain
  119. Saya biarkan orang-orang lain mepengaruhi saya
  120. Saya suka menerima banyak perhatian
  121. Biasanya saya bekerja sangat keras
  122. Biasanya saya bekerja cepat
  123. Bila saya berbicara, kelompok akan mendengarkan
  124. Saya terampil mempergunakan alat-alat kerja
  125. Saya lambat membina persahabatan
  126. Saya lambat dalam mengambil keputusan
  127. Biasanya saya makan secara cepat
  128. Saya suka membaca
  129. Saya menyukai pekerjaan yang memungkinkan saya berkeliling
  130. Saya menyukai pekerjaan yang harus dilakukan secara teliti
  131. Saya berteman sebanyak mungkin
  132. Saya dapat menemukan hal-hal yang telah saya pindahkan
  133. Perencanaan saya jauh ke masa depan
  134. Saya selalu menyenangkan
  135. Saya merasa bangga akan nama baik saya
  136. Saya tetap menekuni satu permasalahan sampai ia terselesaikan
  137. Saya suka menyenangkan hati orang-orang yang saya kagumi
  138. Saya suka menjadi seorang yang berhasil
  139. Saya senang bila orang-orang lain mengambil keputusan untuk kelompok
  140. Saya suka mengambil keputusan untuk kelompok
  141. Saya selalu berusaha sangat keras
  142. Saya cepat dan mudah mengambil keputusan
  143. Biasanya kelompok saya mengerjakan hal-hal yang saya inginkan
  144. Biasanya saya tergesa-gesa
  145. Saya seringkali merasa lelah
  146. Saya lambat dalam mengambil keputusan
  147. Saya bekerja secara cepat
  148. Saya mudah mendapat kawan
  149. Biasanya saya bersemangat atau bergairah
  150. Sebagian besar waktu saya untuk berpikir
  151. Saya sangat hangat kepada orang-orang
  152. Saya menyukai pekerjaan yang menuntut ketepatan
  153. Saya banyak berpikir dan merencana
  154. Saya meletakkan segala sesuatu pada tempatnya
  155. Saya suka tugas yang perlu ditekuni sampai kepada hal sedetilnya
  156. Saya tidak cepat marah
  157. Saya senang mengikuti orang-orang yang saya kagumi
  158. Saya selalu menyelesaikan pekerjaan yang saya mulai
  159. Saya menyukai petunjuk-petunjuk yang jelas
  160. Saya suka bekerja keras
  161. Saya mengejar apa yang saya inginkan
  162. Saya adalah seorang pemimpin yang baik
  163. Saya membuat orang lain bekerja keras
  164. Saya adalah seorang yang gampangan (tak banyak pertimbangan)
  165. Saya membuat keputusan-keputusan secara cepat
  166. Bicara saya cepat
  167. Biasanya saya bekerja tergesa-gesa
  168. Secara teratur saya berolahraga
  169. Saya tidak suka bertemu dengan orang-orang
  170. Saya cepat lelah
  171. Saya mempunyai banyak sekali teman
  172. Banyak waktu saya untuk berfikir
  173. Saya suka bekerja dengan teori
  174. Saya suka bekerja sedetil-detilnya
  175. Saya suka bekerja sampai sedetil-detilnaya
  176. Saya suka mengorganisir pekerjaan saya
  177. Saya meletakkan segala sesuatu pada tempatnya
  178. Saya selalu menyenangkan
  179. Saya senang diberi petunjuk mengenai apa yang harus saya lakukan
  180. Saya harus menyelesaikan apa yang sudah saya mulai

Cara Menjawab

Perhatikan terdapat dua anak panah (di atas dan di bawah) di masing-masing nomor. Setiap anak panah selalu mengarah dan berakhir di huruf. Misalnya, soal nomor 24, dengan melihat arah anak panah ke kanan, melewati nomor 14, 4, arah diagonal ke bawah melewati soal nomor 5, 16, 27, 38, 49, 60 dan berakhir di huruf X di bawah lembar jawaban.


Penjelasan huruf-huruf

G = PERAN PEKERJA KERAS (Hard Intense Worked)
• Skor 3-4: bekerja untuk kesenangan saja, bukan hasil optimal
• Skor 4-7: kemauan bekerja keras tinggi

L = PERAN – PEMIMPIN (Leadership Role)
• Skor 5-9: memproyeksikan dirinya sebagai pemimpin suatu tingkat dimana, menggunakan orang lain untuk tujuannya.
• Skor 4-0: cendurung tidak secara aktif menggunakan orang lain dalam bekerja

I = PERAN – MEMBUAT KEPUTUSAN (Ease in Decision Making)
• Skor 0-2: ragu – menolak mengambil keputusan
• Skor 3-4: berhati hati membuat keputusan
• Skor 5-7: berhati hati – lancar dan mudah mengambil keputusan
• Skor 8-9: tidak ragu dalam mengambil keputusan

T = PERAN SIBUK (Pace)
• Skor <4: melakukan segala sesuatu menurut kemauannya sendiri
• Skor 4-6: tergolong aktif secara internal dan mental

V = PERAN PENUH SEMANGAT (Vigorous Type)
• Skor <5: cenderung pasif
• Skor 5-7: aktif secara fisik, cenderung sportif

S = PERAN HUBUNGAN SOSIAL (Social Extension)
• Skor <6: perhatian rendah terhadap hubungan social, kurang percaya pada orang lain
• Skor 6-9: kepercayaan tinggu dalam hubungan social, suka interaksi social

R = PERAN ORANG YANG TEORITIS (Theoretical Type)
• Skor 0-4: kurang perhatian, bersifat praktis
• Skor 5-9: nilai nilai penalaran tergolong tinggi

D = PERAN BEKERJA DENGAN HAL – HAL RINCI (Interest in Working With Details)
• Skor 0-3: menyadari kebutuhan akan kecermatan, tetapi tidak berminat bekerja detail
• Skor 4-9: minat tinggi untuk bekerja secara detail

C = PERAN MENGATUR (Organized Type)
• Skor 0-2: fleksibel – tidak teratur
• Skor 3-5: teratur tetapi tidak tergolong fleksibel
• Skor 6-9: keteraturan tinggi cenderung kaku

E = PERAN PENGENDALIAN EMOSI (Emotional Resistant)
• Skor <2: terbuka, cepat bereaksi, tidak normative
• Skor 2-3: terbuka
• Skor 4-6: punya pendekatan emosional seimbang ,mampu mengendalikan
• Skor > 6: sangat normative, kebutuhan pengendalian diri yang berlebihan

N = KEBUTUHAN MENYELESAIKAN TUGAS SECARA MANDIRI (Need to Finish Task)
• Skor <3: menunda atau menghindari pekerjaan
• Skor 3-4: berhati hati atau ragu dalam bekerja
• Skor 4-6: cukup bertanggung jawab pada pekerjaan
• Skor 6-9: tekun, tanggung jawab tinggi

A = KEBUTUHAN BERPRESTASI (Need to Achieve)
• Skor 0-5: ketidakpastian tujuan, kepuasan dalam suatu pekerjaan, tidak ada usaha lebih
• Skor 6-9: tujuan jelas, kubutuhan sukses dan ambisi tinggi

P = KEBUTUHAN – MENGATUR ORANG LAIN (Need to Control Others)
• Skor 5-9: tingkat kebutuhan untuk menerima tanggung jawab orang lain, menjadi orang yang bertanggung jawab.
• Skor 4-0: menurunnya keinginan untuk bertanggung jawab pada pekerjaan dan tindakan orang lain.

X = KEBUTUHAN UNTUK DIPERHATIKAN (Need to be Noticed)
• Skor <2: cenderung pemalu
• Skor 2-3: rendah hati, tulus
• Skor 4-5: memiliki pola perilaku yang unik
• Skor 6-9: membutuhkan perhatian nyata

B = KEBUTUHAN DITERIMA DALAM KELOMPOK (Need to Belong to Groups)
• Skor 0-3: selektif
• Skor 4-5: butuh diterima, tapi tidak mudah dipengaruhi kelompok
• Skor 6-9: butuh disukai dan diakui, mudah dipengaruhi

O = KEBUTUHAN KEDEKATAN DAN KASIH SAYANG (Need for Closeness and Affection)
• Skor <3: tidak suka hubungan perorangan
• Skor 3-4: sadar akan hubungan perorangan, tapi tidak terlalu tergantung
• Skor 5-9: sangat tergantung, butuh penerimaan diri

Z = KEBUTUHAN UNTUK BERUBAH (Need for Change)
• Skor 0-2: tidak suka berubah
• Skor 3-4: tidak suka perubahan jika dipaksakan
• Skor 5-6: mudah menyesuaikan diri
• Skor 6-7: membuat perubahan yang selektif, berfikir jauh kedepan
• Skor 8-9: mudah gelisah, frustasi, karena segala sesuatu tidak berjalan fantastis

K = KEBUTUHAN UNTUK AGRESIF (Need to be Forceful)
• Skor 0-2: menhindari masalah, menulak, untuk mengenali situasi sebagai masalah
• Skor 3-4: suka lingkungan tanang, menghindari konflik
• Skor 5: keras kepala
• Skor 6-7: agresi berhubungan dengan kerja, dorongan semangat bersaing
• Skor 8-9: agresif, cendering defensive

F = KEBUTUHAN – MEMBANTU ATASAN (Need to Support Authority)
• Skor 6-9: bersikap setia dan membantu, kemungkinan bantuannya bersifat politis
• Skor 4-5: setia terhadap perusahaan
• Skor 2-3: mengurus kepentingan sendiri
• Skor <2: cenderung egois, kemungkinan bisa memberontak

W = KEBUTUHAN MENGIKUTI ATURAN DAN PENGAWASAN (Need for Rules and Supervision)
• Skor <4: berorientasi pada tujuan, mandiri
• Skor 4-5: kebutuhan akan pengarahan dan harapan yang dirumuskan untuknya
• Skor 6-9: meningkatnya orientasi terhadap tugas dan membutuhkan instruksi yang jelas


Strategi Menjawab

Sederhana saja:
Kenali posisi pekerjaan yang dilamar
Perhatikan masing-masing huruf dan jangkauan skornya.
Sesuaikan poin a dengan b
Misalkan, posisi yang dilamar adalah Marketing. Marketing adalah suatu pekerjaan berorientasikan pada target dan sangat membutuhkan "kemauan bekerja keras tinggi", jadi JANGAN biarkan skor pada huruf G kurang dari 5, karena jika kurang dari lima kesimpulannya adalah Anda "bekerja untuk kesenangan saja, bukan hasil optimal". HRD bisa menilai bahwa Anda tidak bisa diandalkan dalam mencapai target perusahaan.


Rekomendasi Jawaban

Asumsi anak panah yang berada di atas di setiap nomor soal adalah a, dan anak panah di bawah adalah b.
Rekomendasi untuk jawaban b (anak panah bawah yang dilingkari) adalah soal nomor:

1,3,8,11,12,21,22,31,32,34,35,36,37,43,44,46,48,49,50,58,59,60,63,68,69,70,79,80,90

Meskipun baru diterapkan di beberapa perusahaan, sejauh ini BERHASIL untuk setiap posisi pekerjaan.


Bacaan Lain
Soal dan Kunci Jawaban Psikotes UI-IST
Soal dan Kunci Jawaban Psikotes BLIT
Cara Menghadapi Psikotes
Psikotes untuk Masuk BUMN dan PNS
Soal Psikotes Bank BRI, MANDIRI, BNI, BTN
Kunci Jawaban Tes Kemampuan Verbal
Rahasia dibalik tes Menggambar Pohon, Orang dan Wartegg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar