Selasa, 21 Maret 2017

Berbagai Macam soal Psikotes yang sering dipakai untuk seleksi karyawan

Berbagai Macam soal Psikotes yang sering dipakai untuk seleksi karyawan


Apa saja jenis tes yang diujikan dalam psikotes ?

Tes yang diujikan dalam psikotes sangat beragam. Anda dapat mempelajari gambaran singkat tentang masing-masing tes tersebut pada artikel berikut.

Jenis psikotes tersebut sangat banyak, manakah yang paling sering diujikan dalam psikotes penerimaan karyawan baru perusahaan swasta, BANK dan BUMN ?

jenis psikotes yang diujikan dalam penerimaan karyawan baru sangat bervariasi. Namun yang paling sering diujikan oleh perusahaan swasta maupun BUMN adalah Psikotes CFIT, IST, Kraeplin (tes Koran), Psikotes TKD (tes Kemampuan Dasar), yang dirangkum oleh Lembaga Psikologi Universitas Indonesia dalam suatu modul (Psikotes UI), wawancara, tes MBTI, tes enneagram, tes HTP, tes MAPP, tes skala kematangan, tes EPPS, tes Wartegg dan tes koran pauli. Namun demikian, jika anda memiliki waktu persiapan yang lebih, maka ada baiknya mempelajari pula jenis-jenis tes lain yang mungkin juga diujikan.



Apa tujuan dari tes Army Alpha ?

Tes Army Alpha bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan, ketelitian dan konsentrasi seseorang.


Tes Baum (Tree Test) bertujuan menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar pohon yang dibuat oleh peserta tes

Apa tujuan dari tes DAP (Menggambar Orang)?

Tes DAP bertujuan menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar orang yang dibuat oleh peserta tes


Apa tujuan dari tes Efektifitas Diri ?

Tes Efektifitas Diri bertujuan mengetahui seberapa efektif (cepat & tepat) seorang calon karyawan dalam melaksanakan tugas dan dalam menyelesaikan berbagai situasi sulit.

Apa tujuan dari tes Enneagram Personality ?

Tes Enneagram Personality bertujuan mengetahui tipe kepribadian seseorang dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu

Apa tujuan dari tes EPPS ?

Tes EPPS bertujuan mengetahui tipe-tipe motivasi, kebutuhan dan kesukaan pribadi seseorang dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu

Apa tujuan dari HTP ?

Tes HTP (House Tree Person) bertujuan menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar rumah, gambar pohon dan gambar orang yang dibuat oleh peserta tes

Apa tujuan dari Tes Wawancara (Interview) ?

Tes Wawancara bertujuan mengetahui motivasi, karakter, kepribadian, dan profesionalisme calon karyawan dengan cara melakukan tanya jawab langsung bertatap muka.

Apa tujuan dari Tes MBTI ?

Tes MBTI bertujuan mengetahui tipe kepribadian seseorang dalam lingkungannya dengan menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.

Apa tujuan dari Tes Ketelitian ?

Tes Ketelitian bertujuan mengukur tingkat kecermatan atau ketelitian seseorang dalam mengolah data yang berupa angka, kata, atau kombinasi keduanya.

Apa tujuan dari Tes Kode & Ingatan ?

Tes Kode & Ingatan bertujuan mengukur tingkat ingatan seseorang untuk menyimpan data dalam memori otaknya

tujuan dari Tes Kuantitatif (Tes Angka/Numerik) ?

Tes Kuantitatif bertujuan mengetahui kemampuan calon karyawan dalam hal berhitung dan berpikir secara logis terstruktur

Apa tujuan dari Tes Logika Penalaran ?

Tes Logika adalah psikotes yang bertujuan untuk menguji kemampuan seseorang berpikir sesuai nalar atau masuk akal

Apa tujuan dari Tes MAPP ?

Tes MAPP bertujuan mengukur pilihan kesukaan seseorang dalam berbagai hal terutama yang berkaitan erat dengan pekerjaan atau dunia kerja profesional.

Apa tujuan dari Tes Motivasi Kepemimpinan ?

Tes Motivasi Kepemimpinan adalah tes psikologi yang bertujuan mengukur besarnya motivasi, kehendak, atau keinginan seseorang untuk menjadi pemimpin di lingkungannya.

Apa tujuan dari Tes Koran Pauli Kraepelin ?

Tes Koran bertujuan untuk mengukur karakter seseorang pada beberapa aspek tertentu, yaitu aspek keuletan (daya tahan), aspek kemauan atau kehendak individu, aspek emosi, aspek penyesuaian diri, dan aspek stabilitas diri dengan cara memintanya melakukan penghitungan angka-angka dalam deret yang panjang.

Apa tujuan dari Tes Skala Kematangan ?

Tes Skala Kematangan bertujuan mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu.

Apa tujuan dari Tes Gambar (Spasial) ?

Tes Gambar adalah sebuah tes psikologi yang bertujuan mengukur kecerdasan seseorang dalam hal dimensi keruangan (space).


Apa tujuan dari Tes Kerjasama (Teamwork Test) ?

Tes kerjasama atau (teamwork test) adalah psikotes yang bertujuan mengukur kemampuan seseorang untuk bekerja dalam sebuah tim yang solid untuk mencapai tujuan bersama.

Apa tujuan dari Tes Motivasi ?

Tes Motivasi adalah psikotes yang bertujuan untuk mengukur sumber-sumber motivasi seseorang, baik dalam karir maupun dalam kehidupannya.


Apa tujuan dari Tes Potensi Sukses ?

Tes Potensi Sukses bertujuan mendeteksi kecenderungan seseorang untuk menjadi pribadi yang sukses dan berhasil di masa depan.

Apa tujuan dari Tes Bahasa (Verbal) ?

Tes Verbal atau tes bahasa bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bidang intelejensi pemahaman, penguasaan dan penggunaan bahasa.


Tes WARTEGG bertujuan untuk mengeksplorasi (meneliti karakter kepribadian seseorang) terutama dalam hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function, yang dimiliki oleh seseorang.


Bagaimana cara terbaik untuk dapat lulus Psikotes dan mendapatkan pekerjaan yang saya idamkan ?

Cara terbaik lulus psikotes adalah anda harus menguasai bentuk-bentuk soal psikotes yang sebenarnya. Dan melaksanakan tips-tips khusus dalam mengerjakan soal psikotes. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar